<div style="background-color: none transparent;"><a href="http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget" title="News Widget">News Widget</a></div>

Sorotan Publik Program 100 Hari Bupati

Kota, Korsum

Saat ini genap sudah 100 hari H. Endang Sukandar menjabat jadi Bupati Sumedang. Namun Janji program kerja 100 hari yang tebarkan saat kampanyenya sebelum menjadi bupati, kini menjadi sorotan publik bahkan teka-teki antara teralisasi atau tidak terhadap program itu. 

Program 100 Hari kerja Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Sumedang bila dihitung dari awal pelantikan yang dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2013 lalu, maka jatuh pada tanggal 15 Oktober 2013, dimana masa kampanyenya mencantumkan 9 poin program yang akan dilakukan oleh pasangan HES-HADE diawal 100 hari kerjanya. Tetapi muncul kemudian ada 12 program versi pelantikan.

9 Program 100 hari kerja HES-HADE yakni (1) Menyesuaikan dan meningkatkan  insentif dan kesejahteraan Kepala desa dan perangkatnya, (2) Menata dan memberikan kenyamanan bagi pedagang kaki lima, (3) Asuransi Kecelakaan Jasa Angkutan Ojeg, (4) Motorisasi Bak pengangkut sampah ke TPS, (5) Penertiban pembayaran Insentif tenaga Honorer, gaji dan tunjangan profesi guru serta PNS, (6). Pembebasan Biaya Pendidikan Sekolah bulanan dan tahunan, (7) Pemberian modal usaha bagi UKM melalui BPR, (8) Revitalisasi Kelompok Tani, (9) Optimalisasi pengawasan terhadap perusahaan terkait perekrutan, sistem tenaga kerja, dan pengupahan buruh untuk sesuai dengan UU Ketenagakerjaan.

100 hari kerja HES-HADE yang kini Bupati dan Wakil Bupati Sumedang itu, mendapat beragam tanggapan beberapa pihak. Seperti dikatakan anggota DPRD Sumedang fraksi PKS Ermi Triaji menyebutkan, dari 9 poin program kerja 100 bupati itu hanya 8 poin yang teranggarkan di APBD Perubahan 2014.

Kebijakkan bupati untuk asuransi tukang ojek salah satu poin dari 9 poin 100 hari itu tidak terakomodir di APBD. Alasanya, kebijakan bupati dianggap tidak realistis. “Saya bukan tidak setuju, bahkan saya mendukung sepanjang kebijakan itu realistis,” ujar Ermi.

Ke-8 poin tersebut teranggarkan di APBD sekitar Rp. 20 miliar, namun menurut Ermi, program 100 hari kerja bupati itu meleset dalam sisi waktu, karena mungkin saat itu tidak memperhitungkan proses pengangaran sehingga saat eksennya tidak tepat waktu dalam 100 hari.

Bahkan, Ermi pesimis bahwa program 100 hari bupati itu bisa secara berkesinambungan atau hanya sesaat pada 100 hari selesai. Sebab menurutnya, anggaran 100 hari itu ada di bansos yang sipatnya bisa ada atau bisa tidak ada, apalagi payung hukum untuk Rt, Rw itu tidak ada.

  Lain halnya Kepala Dinas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumedang, Eka Setiawan, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (11/10), pada intinya semua program 100 hari kerja bupati sudah bisa berjalan walaupun ada sebagian yang belum itu diakibatkan ada beberapa yang harus direncanakan terlebih dahulu. “Beberapa program yang sudah dianggarkan pada APBD perubahan dan itu sudah bisa berjalan,” jelas Eka.

Sementara Asisten Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Sumedang, Dede Hermasah, di ruang kerjanya, Jumat (11/10), mengklaim bahwa program 100 hari kerja bupati bisa dikatakan berhasil. Alasanya, ada beberapa poin yang pada bulan Okrober ini sudah dilaksanakan dari APBD Perubahan.

Diantaranya, sebut Dede, pembebasan biaya di SMA, SMK, MA dan sekolah Swasta. Disamping itu, menata dan memberikan kenyamanan PKL, Peningkatan kesejahteraan perangkat desa dan RT/RW. “Poin lainnya masih memerlukan pendataan lagi,” katanya.

Pada APBD Perubahan 2014 semuanya sudah bisa dilaksanakan lanjut Dede, penghitungan masa 100 hari kerja bupati itu akan jatuh pada tanggal 20 Oktober,  bukan 15 oktober karena dari pelantikan itu terpotong oleh beberapa hari Minggu dan libur nasional.**[Acep Sandi]

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by WordPress | Designed by: suv | Thanks to toyota suv, infiniti suv and lexus suv