<div style="background-color: none transparent;"><a href="http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget" title="News Widget">News Widget</a></div>

Suleman Jalani Sidang Perdana

sulaeman

Bandung, Korsum

Terdakwa Suleman, S.Ag., anggota DPRD Kabupaten Sumedang sudah mulai menjalani sidang perdana terkait kasus dugaan korupsi pengadaan lahan untuk Pasar Hewan Terpadu (PHT) Desa Haurngombong, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, yang merugikan negara hingga Rp. 400 juta lebih, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, pada Rabu (29/5).

Sidang yang dipimpin Hakim Ketua Nurhakim ini, beragendakan pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Suroto Sumpeno. Dalam dakwaan yang dibacakan, diketahui bahwa Sulaeman, turut serta dalam perkara korupsi yang menyeret dan membawa nama mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang Atje Arifin Abdullah, yang hingga kini juga menjalani sidang di tempat sama.

“Terdakwa Sulaeman bukanlah pemilik lahan dan telah memerintahkan Ali Husein, Amar Ma’ruf, Rusmawan dan Iwan untuk membeli tanah yang menjadi tempat relokasi PHT Desa Haurgombong, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang,” ujar Suroto dalam pembacaan dakwaannya di Ruang I Pengadilan Negeri Bandung.

Usai pembacaan dakwaan, Sulaeman sempat kebingungan saat hakim meminta dirinya untuk berkoordinasi dengan penasehat hukumnya apakah akan mengajukan eksepsi atau tidak. Setelah berkoordinasi, anggota dewan dari Partai Bulan Bintang (PBB) tersebut, memutuskan tidak mengajukan eksepsi atau nota keberatan terlebih dahulu.

Seperti pernah dilansir di Koran ini sebelumnya, Sulaeman mengakui mendapatkan keuntungan 140 juta dari bisnis jual beli tanah di tempat tersebut. Dikarenakan memiliki perkara sama dengan Atje, majelis hakim sempat menawarkan untuk sidang bersamaan memeriksa saksi.

Hal itu dilakukan agar proses persidangan cepat dan murah, apalagi saksi yang dihadirkan serupa. Namun, pihak kuasa hukum belum menerima tawaran itu dan akan berkoordinasi dengan pihak JPU. Sidang sendiri akan dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi pada Selasa (4/6) mendatang.

Sehari sebelumnya pada Selasa (28/5), di tempat yang sama juga dilangsungkan sidang lanjutan dengan terdakwa Atje Arifin A dan Usep HW dengan agenda pemeriksaan saksi. Dan dilanjutkan pada Jum’at (31/5), dengan agenda yang sama.**[Liman]

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by WordPress | Designed by: suv | Thanks to toyota suv, infiniti suv and lexus suv