<div style="background-color: none transparent;"><a href="http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget" title="News Widget">News Widget</a></div>

Razia Lapas Sumedang Temukan 4 Hand Phone

Kota, Korsum

Seperti tak mau kecolongan dan ketinggalan akan menghangatnya keadaan lapas di Indonesia akhir-akhir ini, kepala Lapas (Kalapas) Sumedang, Yudi Suseno, berserta anak buahnya melakukan razia malam secara mendadak beberapa waktu lalu. Seperti diakui Yudi, Rabu (16/11) di ruangannya.

“Memang benar, tadi malam kita temukan 4 HandPhone, setelah dilakukan razia secara mendadak, dan silahkan obrak–obrik, kalau menemukan yang aneh–aneh didalam lapas”, tegasnya.

Dijelaskan Yudi, bahwa bukan masalah Hand Phone (HP) yang dikhawatirkannya, melainkan dampak dari pengguna HP tersebut, yang harus selalu diwaspadai dan terus ditekan.

Yudi, yang pernah menjabat Kalapas Bogor ini, juga menerangkan asal  usul HP yang ada di tangan warga binaannya itu. Menurutnya, HP didapatkan biasanya dari luar, biasanya di simpan di “bunker” atau wc mereka, sebutnya.

Selain itu lanjutnya, terkadang di dapat dari kesengajaan keluarga pembesuk saat menengok. Hal tersebut menurut Yudi disebabkan beberapa faktor, diantaranya kekurangdisiplinan pengunjung, ketika membesuk yang terkadang tak mau menitipkan HP miliknya. “Karena petugas, untuk sementara ini memang tidak melakukan penggeledahan pada pembesuk, dengan alasan etika dan sensitifitas pengunjung ataupun keluarganya. Karena pendekatan humanismenya yang dikedepankan”, katanya.

Disinggung mengenai sanksi, Yudi berkata, “sanksi itu jelas ada, dan akan ditindak tegas, adapun sanksi yang diberikan bagi keempat orang pelanggar tersebut, adalah dengan cara distrap sel, sekurang–kurangnya 3 hari tidak boleh keluar kamar sel. Bahkan jika kemudian hari, melakukan tindakan indisipliner lagi, saksi lebih berat berupa pemindahan ke lapas lain”.

Selain melakukan razia yang rutin, seminggu dua kali, warga binaan juga diingatkan untuk berperilaku baik. Semua itu tidak lepas dalam rangka pembinaan pada warga di lapas.**[Liman]

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by WordPress | Designed by: suv | Thanks to toyota suv, infiniti suv and lexus suv