<div style="background-color: none transparent;"><a href="http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget" title="News Widget">News Widget</a></div>

Lapas Sumedang Masih Over Kapasitas

Kota, Korsum

Meski sekarang fisik bangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sumedang tampak sudah lebih baik, bahkan pembangunan terus dilakukan, namun ternyata belum mampu memberikan ruang yang cukup bagi penghuninya, yakni para narapidana. Over kapasitas, itulah gambaran yang masih terjadi di Lapas Kelas II B Sumedang saat ini.

Penjelasan tersebut diketahui Korsum berdasarkan keterangan dari Kepala Lapas Sumedang, Yudi Suseno, di kantornya, Selasa (2/8). Ditambahkan oleh Tatang, salah seorang staf Lapas, bahwa berdasarkan data sebenarnya kapasitas yang ada hanya untuk 100 penghuni. “Tapi, memang kenyataannya saat ini terisi sebanyak 258 narapidana,” ujarnya.

Kalapas Yudi Suseno menambahkan bahwa benar perbaikan secara fisik, berupa pembangunan di sekitar Lapas, sedang dilakukan. Hal ini untuk menunjang kenyamanan semua. “Tapi, yang terpenting adalah perbaikan dan pembangunan mental rohani para penghuni yang terus kami lakukan. Karena, tugas kami adalah membina dengan sebaik-baiknya. Seperti yang dilakukan pada masa puasa Ramadhan sekarang, dengan puasa bersama, taraweh, bahkan mengadakan perlombaan-perlombaan yang bernuansa Islam,” tuturnya.

Hal itu, lanjut Kalapas, untuk menunjang pelayanan prima, yaitu meningkatkan pelayanan untuk masyarakat, baik eksternal maupun internal. Contoh eksternal, dengan merubah tempat kunjungan lebih nyaman, yaitu tempat keluar masuk melalui samping pintu utama. Bahkan, pengunjung disuguhi permen. “Mungkin ini Lapas satu-satunya di Indonesia yang memberikan pelayanan care,” ucap Kalapas yang telah bertugas 1,2 tahun di Sumedang ini.

“Sedangkan internal, dimulai dengan pembinaan untuk menyiapkan jiwa mandiri jika sudah keluar nanti. Yaitu, dengan diberi kesibukan cara budi daya lele dan nanti dikembangkan lagi untuk ternak ayam,” tambahnya.

“Pada kesempatan menjelang peringatan 17 Agustus ini pula, Lapas Sumedang mengusulkan ke Kantor Wilayah di Bandung, untuk disetujui ke pusat, yaitu berupa rencana permohonan/pengusulan remisi. Remisi ini terbagi dua, yaitu Remisi Umum berjumlah 75 orang, dan Remisi Khusus menjelang Idul Fitri berjumlah 70 orang. Setelah semua syarat terpenuhi secara administratif dan dinyatakan lengkap, akan segera dikirim,” pungkasnya. **[Liman]

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by WordPress | Designed by: suv | Thanks to toyota suv, infiniti suv and lexus suv