<div style="background-color: none transparent;"><a href="http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget" title="News Widget">News Widget</a></div>

Mosi Tidak Percaya Kepada Camat Para Kades Rancakalong Tak Mau Rapat Minggon

Rancakalong,  Korsum

Beberapa kepala desa (kades) di Kecamatan Rancakalong, belum lama ini mengaku tidak pernah mengikuti rapat Minggon seperti yang sudah biasa rutin dilaksanakan di kecamatan lain. Mereka beralasan, hal itu dilakukan sebagai bentuk mosi tidak percaya terhadap pemerintahan kecamatan, khususnya kepada sikap camat yang dinilai terlalu berlebihan.

Seperti diungkapkan salah seorang kades yang enggan disebutkan namanya, dirinya mengaku kecewa terhadap pemerintah kecamatan. Kekecewaan itu akhirnya menimbulkan rasa tidak simpatik para kades terhadap pimpinannya. “Bahkan, sejak Agustus 2010 lalu para kades itu lebih suka diam di tempat daripada menuruti perintah atasannya. Paling rapat Minggon hanya diikuti para Sekdes saja,” ujarnya.

“Terkadang, para kades itu ada yang mau datang ke kantor kecamatan dengan maksud akan mengikuti rapat minggon, namun ketika melihat camat yang akan meminpinnya maka para kades pun memilih pada kabur ke tempatnya masing-masing, ketimbang harus ikut rapat minggon dengan camat,” katanya.

“Dia (camat) itu banyak bohongnya. Sering mengklaim dan mengaku-ngaku setiap program bantuan yang datang ke desa, seperti PIK, P2SPP, ADD, maupun TAPD, dikatakannya semua program itu adalah hasil perjuangan camat, yang ujung-ujungnya dipatok minta jatah. Padahal, semua program desa itu sudah ada pos-nya masing-masing.  Jika anggaran itu dipatok camat, lalu bagaimana bikin SPJ-nya?” ungkapnya dengan nada kesal.

Hal senada dilontarkan kades lain yang masih di Kecamatan Rancakalong. Bahkan, ia mengatakan tidak akan mengikuti rapat minggon selama belum ada perubahan sikap dan perilaku pemerintahan kecamatan yang dianggap terlalu berlebihan. “Kami sebagai kades akan lebih hormat dan menghargai kepada pimpinan yang punya sikap arif dan bijaksana, sekaligus pelindung dan pengayom bagi bawahannya. Masalah rezeki tidak perlu dipatok harus sekian, sebab kami pun mengerti, rela, ikhlas, asalkan datang dari hati sanubari,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Sekretaris Camat Rancakalong, Heri, B.A., saat ditemui Korsum, Senin kemarin, di kantornya, membantah jika di Kecamatan Rancakalong tidak pernah ada rapat Minggon. “Bahkan, acara rapat Minggon itu secara rutin dilaksanakan meskipun diikuti hanya dengan perangkat desa termasuk Sekdes. Namun, terkadang ada juga kades yang hadir walau tidak secara keseluruhan,” katanya. **[yf saefudin/abah]

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by WordPress | Designed by: suv | Thanks to toyota suv, infiniti suv and lexus suv