<div style="background-color: none transparent;"><a href="http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget" title="News Widget">News Widget</a></div>

Tiga Seni Duta Sumedang Pentas Seni Tradisional di Jabar

Kota, Korsum

Pada hari Rabu, (20/4), Kabupaten Sumedang mengirimkan tiga jenis kesenian tradisional sebagai wakil atau duta seni Sumedang untuk mengikuti pentas seni tingkat provinsi yang digelar di Kabupaten Garut. Pentas seni tradisional tersebut diikuti semua kabupaten se-Provinsi Jawa Barat.

Menurut keterangan Dicki Rubiana Abdullah, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang, ketiga seni yang mewakili tersebut adalah Reak Kreasi seni tradisional dari Kecamatan Situraja, Umbul Jete seni tradisioanil dari Kecamatan Rancakalong, dan Ronggeng Midang seni tradisional dari Kecamatan Pamulihan.

Gabungan ketiga kesenian tradisional tersebut, lanjutnya, diberi nama Dangiang Jagat, yang bekerja sama dengan SMK Informatika asuhan Ade Rohana, Sujana, dan Iskandar. “Pentas seni ini tidak hanya untuk memperkenalkan ke masyarakat Jawa Bawat, namun dalam kesempatan itu sebagai ajang promosi ke dunia seni dan budaya bahwa Kabupaten Sumedang kaya akan seni tradisonil Sunda warisan leluhur,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Camat Pamulihan, Bambang Rianto, mengaku bangga atas pentas tersebut. Sebab, dari puluhan seni tradisional yang dipentaskan dalam event tersebut, ternyata salah satu kesenian yang terdapat di wilayahnya yang menjadi duta untuk Kabupaten Sumedang.

“Kami merasa bangga bahwa seni tradisional Pamulihan bisa tampil sebagai duta Sumedang di tingkat provinsi, yang tentunya membawa visi dan misi serta mengangkat citra Sumedang yang kini sedang giat-giatnya melaksanakan program Sumedang Puseur Budaya Sunda (SPBS),” ujarnya.

“Di samping itu, di era globalisasi sekarang ini, seni tradisional Sunda yang notabene warisan leluhur kita cenderung ditinggalkan. Para kawula muda bahkan tidak mengenalinya.  Namun dalam pentas tersebut, seni tradisional itu dikemas sedemikian rupa sehingga menarik bahkan disenangi para kawula muda itu. Kami ucapkan selamat berjuang, semoga berhasil,” pungkas Bambang optimis. **[abah]

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by WordPress | Designed by: suv | Thanks to toyota suv, infiniti suv and lexus suv